CARA KERJA KOPLING MOTOR SPORT
CARA KERJA KOPLING MOTOR SPORT
– Bagi seorang mekanik mungkin cara memasang kampas
kopling adalah pekerjaan yang mudah dan tentunya tidak kesulitan , beda lagi
dengan orang awam yang baru saja mengenal dunia otomotif khususnya untuk teknik
mesin motor ,untuk penggantian kompas kopling mungkin harus belajar terlebih
dahulu agar bisa mengganti secara mandiri. Nah ketika motor yang kita miliki
sudah lama digunakan pasti kampas kompling pada motor kita akan habis maka dari
itu kita wajib menggantinya agar tarikan motor makin gesit lagi .Sebelum
membahas mengenai cara mengganti kampas kompling mungkin anda bertanya tanya ,Apa
akibat jika kampas kompling habis tapi tidak diganti ..? untuk menjawab
pertanyaan tersebut sebaiknya anda baca ulasan saya dibawah ini
- jarak
tempuh yang jauh , ini juga menjadi salah satu penyebab kendaraan menjadi
/membuat kompas kompling cepat habis , jadi jika anda ingin mempunyai
kampas kompling yang awet , maka jangan tujuan perjalanan dekat maka tidak
usah menggunakan motor , lebih baik jalan kaki saja hehe
- Setiap
pengendara sepeda motor itu memiliki karakter berbeda beda , ada yang
garang ada yang biasa dan ada yang lemah lembut ,nah kalau yang garang
(kasar) biasanya cepet habis karena dalam melakukan perubahaan transmisi
kasar(ngawur).
Dampak Kampas Kopling Habis
Berikut ini
dari sekian banyak dampak yang dihasilkan jika kampas kompling habis atau
dibiarkan saja tidak diganti diantaranya sebagai berikut ini :
- Akselerasi
motor khususnya pada mesin menjadi lemah tidak maksimal lagi
- Sering
terjadinya selip kompling
- Starter
ringan atau orang biasa menyebut dengan ngelos
- Putaran
pada mesin motor menjadi lebih tinggi.
- Perpindahan
gigi perseneling menjadi susah
- Tenaga
Mesin motor menjadi berkurang alias sudah tidak power full lagi\
- Sangat
sering terjadi lepas kompling
Cara Memasang Kompas Kompling Mandiri.
Setelah anda
membaca tulisan saya diatas mengenai akibat yang yang ditimbulkan apa bila
kampas kompling habis ,maka bisa anda bayangkan sendiri jika terjadi pada motor
anda . Tentunya anda merasa terganggung bukan dan ingin menyelesaikanya untuk
itu dibawah ini saya buatkan tulisan yang mungkin bisa bermanfaat dan bisa anda
jadikan referensi untuk melakukan dan mempraktekan cara mengganti kampas
kopling motor sendiri .
- Langkah
pertama yang harus anda kerjakan adalah dengan mengeluarkan oli pada mesin
motor anda ,biasanya untuk tutup baut pembuka ada dibagian bawah mesin
motor.
- Setelah
oli pada mesin terkurang habis alias kosoing , anda bisa lepaskan terlebih
dahulu kick starter (orang biasanya menyebut dengan engkol) dan bak
kompling
- Untuk
melepas bak kompling sangat mudah , biasanya cukup melepas baut
pengikatnya ( biasanya memiliki jumlah baik sekitar 4-6 tergantung motor
juga sih hehe :D)
- Setelah
terlepas ,maka rangkaian yang terdiri dari pegas , mangkut penekan plat
penekan dan juga kampas kopling yang sudah terurai.
- Lalu
anda bisa coba untuk lepaskan buat pengikatnya dengan benar yaitu dengan
cara mengendurkan buat baut secara merata atau dengan kata lain tidak
dilepas satu persatu. Hal ini dikarenakan jika anda melakukan kesalahan
misalnya melepas baut persatu ,maka besar kemungkinan baut akan dol
- Nah
setelah terbuka , sekarang anda bisa mengganti kampas kompling tersebut
yaitu ganti kampas kopling yang lama dengan menggunakan kompas kompling
yang baru .
- Setelah
itu anda bisa coba pasang kembali bak kopling dan kick starter
Fungsi kampas kopling
Nah kampas
kopling sendiri memiliki fungsi yang perlu kita ketahui yaitu untuk memutus dan
menghubungkan antara mesin dengan transmisi saat melakukan perpindahan gigi.
Fly wheel
atau roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Saft (kruk as)
mesin saat mesin hidup (berputar), Plat kopling menjadi satu-satunya perantara
tenaga mesin dengan Porseneleng kita yang akhirnya tenaga ini akan diteruskan
ke Roda. Sedangkan Dekrup bekerja sebagai pengatur kapan tenaga mesin
diteruskan dan kapan tenaga mesin tidak diteruskan, hal ini dilakukan oleh kaki
kita saat menginjak atau melepas pedal kopling melalui perantara Drek lahar.
Catatan :
Dekrup di ikat dengan 6 (biasanya) baut terhadap fly wheel. plat kopling
menjadi pengisi bagian tengah antara fly wheel dengan dekrup. Pada bagian
tengah plat kopling terdapat lubang bergigi yang akan masuk kedalam As blender
sebagai penerus tenaga dari plat kopling ke Gearbox porseneleng
Komentar
Posting Komentar